Detil Berita
Jumat, 22 Januari 2010 - 08:45:24 WITA
Pentingnya Peningkatan PPAUD di Masyarakat
Diposting Oleh :: Muhammad Wildan
Kategori: Pendidikan Anak Usia Dini - Dibaca: 4853 kali

Translated to: English Version

Saat ini, Pemkab Tobasa makin gencar melaksanakan peningkatan Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini (PPAUD). Pasalnya, PPAUD memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. PPAUD bertujuan untuk meningkatkan proporsi anak dari keluarga kurang mampu untuk siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya, melalui partisipasi dalam program pengembangan anak usia dini yang mudah, efektif dan berkualitas dan memperlancar perkembangan anak usia dini yang holistik (pendidikan, kesehatan gizi dan keikutsertaan orangtua) dan berkelanjutan.?


Pelaksanaan PPAUD berdasarkan pedoman operasional program pendidikan dan pengembangan anak usia dini CR4205 - IND dan TF056841 dari Departemen Pendidikan Nasional dan Dirjen Pendidikan Non Formal dan Informal. PPAUD dikategorikan sebagai kelompok bermain atau play group.


Untuk saat ini, jumlah anak-anak usia dini yang telah dibina dengan program PPAUD di Kabupaten Toba Samosir yang tersebar di 16 kecamatan yaitu sekitar 4.162 orang dengan masa belajar selama 3 tahun.


Hal itu dikatakan Drs Jujung Sitorus Kepala Seksi, Pls, Pemuda Olahraga dan selaku PPK Program PPAUD Dinas Pendidikan Nasional Pemkab Tobasa, kepada Global, Selasa (19/01), di kantornya Dinas Pendidikan Pemkab Toba Samosir.


Ditambahkannya, tujuan PPAUD juga memberikan pelayanan pendidikan bagi anak usia dini, memperluas akses pendidikan khususnya bagi anak usia dini dan meningkatkan pengembangan kapasitas anak-anak dari keluarga miskin yang holistik yang mencakup pendidikan, kesehatan dan gizi.


Terkait dengan PPAUD ini, dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan aspek yang paling penting dan utama dalam pembangunan yang dilakukan oleh suatu bangsa untuk dapat membebaskan dari kebodohan dan kemiskinan. Pemerintah telah menetapkan pemerataan akses dan pengembangan kualitas layanan Pendidikan dan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai suatu prioritas pengembangan.


Adapun jenis layanan Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini (PPAUD) di Kabupaten Toba Samosir secara umum atas kesepakatan masyarakat dengan Tim Fasilitator Masyarakat (TFM). Layanan yang disediakan yakni jenis layanan kelompok bermain atau bermain sambil belajar dengan rata-rata usia anak tiga sampai enam tahun. Tim fasilitator masyarakat merupakan tim konsutan PPAUD yang sering disebut dengan TFM.


Sementara, perekrutan tenaga pendidik dan petugas PPAUD dalam melaksanakan program ini terlebih dahulu dimusyawarahkan oleh masyarakat yang difasilitasi oleh TFM. Hal ini bertujuan agar mereka lebih berkemampuan di dalam melaksanakan tugasnya membuatkan pelatihan orientasi pendidikan anak usia dini yang dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara dengan pola 200 jam.


Dalam rangka meningkatkan Program Pendidikan Usia Dini (PPAUD), secara bertahap Pemerintah Kabupaten Toba Samosir sangat perduli dengan pendidikan khususnya dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PPAUD). Pasalnya, pendidikan merupakan salah satu visi-misi Bupati Toba Samosir Drs Monang Sitorus SH MBA.


Program Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Toba Samosir terdapat satu organisasi yang menjadi Forum PAUD yaitu Forum PAUD kabupaten Tobasa yang diketuai oleh istri Bupati Tobasa Ny Monang Sitorus Intan D br Marpaung.


Ny Monang Sitorus Intan D. br. Marpaung Ketua forum PAUD kabupaten Toba Samosir yang juga selaku ketua TP. PKK Toba Samosir berkeinginan dan bercita-cita agar Program Pendidikan Anak Usia Dini (PPAUD) tersalur ke setiap desa-desa di Kabupaten Toba Samosir.


Karena itu, Ketua Forum PAUD Tobasa melalui Drs Jujung Sitorus Kepala Seksi PLS, Pemuda dan Olahraga sekaligus yang menangani pelaksanaan teknis Program Pendidikan Anak Usia Dini (PPAUD) Toba Samosir menganjurkan agar Program Pendidikan Anak Usia Dini (PPAUD) dapat berkembang dan meluas ke setiap desa. Sehingga pelayanan pendidikan bagi anak-anak keluarga miskin dapat terlayani sesuai dengan undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Sumber: http://www.harian-global.com - 21 Januari 2010
Sumber:





 
Artikel PAUDNI
Pembinaan Kursus dan Pelatihan
Pendidikan Masyarakat
Pendidikan Anak Usia Dini